Nihongo No Hi

Nihongo no Hi merupakan salah satu program kerja himpunan mahasiswa sastra jepang UGM yang bekerja sama denga Japan Foundation untuk membuat suatu kompetisi akademik dalam berbahasa jepang tingkat SMA dan juga umum. Nihongo no Hi dilaksanakan pada tanggal 28 April 2018 dan pada tahun ini menginjak tahun ke 13. Pada tahun ini, konsep tema yang diambil adalah ikatan, mengingat pada tahun 2018 merupakan peringatan 60 tahun kerjasama antara Jepang dan juga Indonesia.

IMG_0665
Para peserta dan juri benron umum selepas pengumuman lomba

Nihongo no Hi kali ini berbeda dengan Nihongo no Hi pada tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini diperkenalkan maskot Nihongo no Hi yang baru, yaitu Niho dan Nesya. Niho merupakan maskot yang mewakili Jepang dan Nesya mewakili indonesia.

Pada tahun ini, Nihongo no Hi mengadakan 5 macam lomba, yaitu : Shoudo umum, Roudoku SMA, LCC (Lomba Cerdas Cermat), Kana, dan juga Benron umum. Benron umum merupakan lomba yang paling ditunggu oleh kebanyakan peserta, dikarenakan, dalam lomba ini juara pertama akan melanjutkan perjalanannya menuju Jakarta untuk kembali bertarung memperebutkan tiket menuju negeri sakura, Jepang.


Nihongo no hi pada tahun ini juga kembali membuat sebuah festival kecil-kecilan yang terlaksana di panggung terbuka Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada. Mengingat tema pada tahun ini adalah ikatan, di festival kali ini terjadi pertukaran budaya antara Jepang dan Indonesia. Di panggung, para peserta dan juga dua orang jepang saling bertukar informasi cara bermain permainan tradisional antar dua negara tersebut. Para peserta diajarkan oleh kedua orang jepang tentang cara bermain kagome-kagome dan juga sebaliknya, para peserta mengajarkan kepada kedua orang jepang tentang cara bermain permainan cublak-cublak suweng. Tidak hanya itu, panggung Nihongo no Hi kali ini juga tidak lupa dimeriahkan oleh penampilan Hikari dan juga Higaku Band.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

IMG_4891
Hikari in Action
IMG_4892
Hikari in Action
IMG_4954
Higaku band membawakan lagu “overfly”
IMG_7992
Higaku band membawakan lagu “sepatu”

Tidak hanya di panggung saja, pertukaran budaya juga terlaksana di stand bunka yang disediakan oleh panitia Nihongo no Hi. Di stand bunka kali itu, diajarkan kepada para pengunjung dan peserta tentang permainan karuta, dan berbagai permainan-permainan lain. Para pengunjung dan peserta terlihat sangat antusias dalam bermain permainan di stand bunka tersebut.

 

IMG_0598
Whoopsie, ternyata selagi mengisi waktu istirahat ada panitia yang dengan serunya bermain shogi, mereka juga mengajarkannya pada peserta yang datang

Setelah mengikuti rangkaian acara, Nihongo no Hi ke 13 ditutup dengan pengumuman pemenang lomba. Selamat kepada para pemenang! Otsukaresama untuk peserta dan panitia Nihongo no Hi ke 13 ^^

IMG_0760
Para pemenang lomba Benron umum
IMG_0768
Juara terfaforit Benron umum
IMG_0733
Para pemenang lomba Shodo
IMG_0721
Para pemenang Lomba Cerdas Cermat
IMG_0709
Para pemenang lomba Roudoku
IMG_4986
Para pemenang lomba Kana
IMG_0742
Perwakilan sekolah yamg meraih juara umum
1524915450664
Otsukare sama panitia Nihongo no Hi ke 13!
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s