Sasjep Cup : Cara Merayakan Kemerdekaan Ala Mahasiswa Sastra Jepang

Pada tanggal 26 Agustus 2017 kemarin, Sastra Jepang UGM mengadakan sebuah kegiatan dalam lingkup Mahasiswa Sastra Jepang UGM berupa serangkaian lomba-lomba yang diberi nama Sasjep Cup. Lomba-lomba yang diadakan antara lain: Futsal putra dan putri, makan kerupuk, memasukkan paku kedalam botol, dan balap keset. Acara ini sekaligus untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia ke-72 pada tanggal 17 Agustus 2017.

Acara ini bertempat di TGC Futsal Karanggayam. Para mahasiswa Sastra Jepang UGM sudah mulai berkumpul sejak pukul delapan, sedangkan acara dimulai pada pukul sembilan, dimulai dengan pembukaan dan pengarahan dari divisi kekeluargaan Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang (Himaje) UGM selaku penyelengara Sasjep Cup.

Setelah usai pembukaan, acara dilanjutkan dengan futsal putra. Futsal putra ini cukup unik, karena tidak seperti futsal biasanya, dalam Sasjep Cup kali ini, peserta futsal putra diharuskan mengenakan sarung, sehingga menggiring dan menendang bola terasa lebih sulit dari biasanya. Pertandingan tiap tim berlangsung dalam dua babak, dimana diberikan waktu tujuh menit untuk tiap babak.

Acara dilanjutkan dengan perlombaan memasukkan paku kedalam botol. Dalam lomba ini, peserta diharuskan mengikatkan sebuah paku di pinggangnya menggunakan tali rafia, kemudian berlari dari ujung lapangan yang satu ke ujung lapangan yang lain, dimana ujung lapangan yang satunya sudah disediakan beberapa botol yang berderet sesuai dengan lintasan masing-masing peserta. Selanjutnya, peserta hanya harus memasukkan paku ke dalam botol, dan membawa botol tersebut ke titik awal lagi. Siapa yang tercepat, dialah yang menang.

Setelah ada pertandingan dari cabang futsal putra lagi, acara dilanjutkan dengan lomba balap keset. Hampir sama seperti lomba memasukkan paku kedalam botol, peserta diharuskan berpindah dari ujung lapangan ke ujung lapangan lainnya, namun bedanya, pertandingan ini dilakukan secara berpasangan, dan juga peserta harus menempatkan kedua kakinya diatas keset, sehingga pertandingan ini cukup sulit. Ada yang melakukan dengan mencengkeram keset dengan kakinya dan melompat maju, ada juga yang menggeser kesetnya sedikit demi sedikit mereka juga harus membawa paku karena di ujung yang lain, pasangan mereka memegang balon yang harus mereka pecahkan. Setelah mereka berhasil memecahkan balon tersebut, mereka harus bergantian dengan pasangan mereka, dan pasangan mereka haruslah kembali ke titik awal mereka mulai.

Setelah lomba balap keset selesai, acara kembali dilanjutkan dengan adanya lomba futsal putra. Peraturannya hampir sama dengan peraturan futsal putra, hanya saja mereka tidak mengenakan sarung.

Sampailah kita ke perlombaan dimana persertanya mewakili individu dan jumlahnya sangat banyak. Ya, lomba makan kerupuk. Lebih dari 20 orang mengikuti perlombaan ini. Pada perlombaan ini, kerupuk yang digantung menggunakan mekanisme semacam katrol, sehingga peserta tidak perlu bersusah payah untuk melompat-lompat dan meraik kerupuknya. Mereka hanya perlu mengangkat kaki mereka (ada tali yang diikatkan) untuk menurunkan posisi kerupuknya. Waduh, malah lebih susah, ya!

 

Perlombaan terakhir yang dilaksanakan adalah final futsal putra. Setelah pertandingan berakhir, tibalah saatnya penyerahan hadiah kepada pemenang dan pembagian doorprize. Berikut adalah nama-nama pemenang pertandingan pada Sasjep Cup 17 beserta angkatannya (Pemenang doorprize tidak disebutkan) :

  1. Futsal putra

Juara 1 : Tim Chikho (2015), Bangun (2015), Al (2015), Zahry (2015),

dan Rafi (2017)

Juara 2 : Jovan (2017), Mukhlish (2016), Habib (2015), Xaka (2014), Riandhika (2015), dan Wahyu (2014)

  1. Lomba makan kerupuk
    Juara 1 : Ocha (2017)

Juara 2 : Rafi (2017)

  1. Lomba memasukkan paku kedalam botol
    Juara 1 : Bangun (2015)

Juara 2 : Farhan (2017)

  1. Lomba balap keset

Juara 1 : Bangun (2015) dan Putri (2015)

Juara 2 : Wenny (2016) dan Vera (2016)

  1. Futsal putri

Juara 1 : Rizka (2015), Putri (2015), Eka (2014), Karin (2014), Fayna (2015)

Juara 2 : Wenny (2016), Vera (2016), Angel (2017), Naya (2017), Yasinta (2017)

 

Setelah ditutup dengan doa dan foto bersama, selesailah rangkaian acara Sasjep Cup 17 ini pada pukul 12. Nantikan Sasjep Cup 18 tahun depan, ya!

Berikut adalah sedikit dokumentasi dari Sasjep Cup 17 :

 

Masih penasaran dengan Sasjep Cup? Yuk simak sedikit keseruannya!

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s