Mari Menggambar bersama KOKOHIMA!

Kokohima merupakan salah satu subdivisi mikat di Himaje UGM. Tahukah kamu apa itu Kokohima?

Kokohima secara bahasa, “koko” artinya di sini dan “hima” artinya waktu senggang. Jadi, kokohima berarti di sini senggang. Eits, tapi kegiatannya bukan bermalas-malasan di waktu senggang, lho.

Kokohima merupakan singkatan dari Komunitas Komik Himaje. Kokohima merupakan tempat untuk menyalurkan bakat para calon komikus di lingkup Sastra Jepang. Kegiatan kokohima sendiri dilaksanakan seminggu sekali dengan jadwal menyesuaikan, biasanya sore hari setelah selesai jam kuliah.

Dalam kokohima, ada kegiatan menggambar komik yonkoma dan re-draw. Komik yonkoma adalah komik empat panel atau delapan kotak, yang dalam kegiatan kokohima sendiri merupakan komik bersambung. Masing-masing anggota diberi satu lembar kertas, kemudian menggambar pada satu kotak. Setelah selesai mengisi satu kotak, masing-masing anggota saling menukarkan kertas tersebut, kemudian melanjutkan gambar milik anggota lain pada kotak kedua, setelah itu ditukar lagi dan seterusnya, hingga kedelapan kotak tersebut terisi semua.

Selain yonkoma, ada juga re-draw. Berbeda dengan yonkoma, pada re-draw masing-masing anggota mendapat satu kertas yang hanya berisi dua kotak. Lalu, setiap anggota menggambar bebas di kotak pertama, setelah itu kertas tersebut ditukarkan ke anggota yang lain. Setelah di tukarkan, masing-masing anggota harus menggambar kembali gambar kotak pertama di kotak yang kedua dengan stylenya sendiri.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s