Bernostalgia Bersama MangaFest 2016

2016 berganti menjadi 2017, tahun monyet pun berganti menjadi tahun ayam. Menengok sesaat satu tahun ke belakang, banyak hal-hal keren yang terjadi sepanang tahun 2016, terutama dalam lingkup Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang (Himaje). Salah satunya adalah MangaFest 2016.

Acara tahunan yang diselenggarakan oleh Himaje kali ini berlokasi di GOR Klebengan pada tanggal 15-16 Oktober 2016. MangaFest 2016 mengusung tema “aksi dan olahraga” dengan branding “SPORTACTION.” MangaFest 2016, sama seperti MangaFest sebelum-sebelumnya, mengusung komik sebagai inti dari acara.

Terdapat berbagai macam perlombaan yang diadakan, dengan lomba utamanya yaitu “Manga Competition” dan “Lomba Komik Bisu” yang mana karya-karya yang terpilih peserta lomba-lomba tersebut pun dipamerkan pada hari-H Mangafest. Selain lomba-lomba tersebut, ada uga lomba-lomba lain yang tak kalah seru seperti lomba makan ramen dan takoyaki, lomba cosplay, lomba karaoke, dan lomba-lomba seru lainnya.

Comic market yang biasa disingkat menjadi comiket juga menjadi hal yang wajib ada di Mangafest, begitu pula Mangafest 2016. Di comiket para komikus bisa memamerkan dan menjual berbagai macam hasil karyanya. Pengunjung bisa main-main ke puluhan stand comiket yang terdiri dari komikus lokal Jogja dan komikus berskala Nasional.

10

Selain stand komik di comiket, juga terdapat berbagai macam stand makanan dengan beragam menu yang ditawarkan, stand aksesoris dengan berbagai produk seperti kaos, gantungan kunci, dsb., juga stand komunitas yang berisikan komunitas-komunitas Jejepangan yang ada di Yogyakarta.

Tanpa lupa fungsinya untuk mengedukasi masyarakat, MangaFest juga mengadakan workshop-workshop seru semisal workshop pembuatan manga dan workshop dubbing dengan pembicara yang keren-keren juga pastinya.

Dari acara yang serius, kita beralih ke acara yang senaAcara panggung MangaFest berlangsung di lapangan sepakbola GOR Klebengan yang berjenis outdoor alias tidak ada atap yang menaungi, Kala itu Yogyakarta tercinta terus-menerus digempur dengan hujan deras sehingga ada sedikit rasa was-was apakah acara panggung bisa berjalan lancar atau tidak. Untungnya, pada pelaksanaan hari-H, hujan tak terjadi.

Acara panggung menampilkan belasan performer, mulai dari band Jejepangan sampai band parodi, ada juga penampilan dari idol group lokal Yogyakarta, dance cover, DJ, dan pertunjukan kabaret. Tak lupa pula tiga guest star MangaFest 2016, yaitu MEA Band, Fransezka Edelyn dan Donna Visca yang ambil andil dalam menggemparkan panggung MangaFest 2016.

cvovd33uiaqfzpf
Itulah hal-hal di MangaFest 2016 yang bisa diingat kembali. Kembali lagi ke tahun 2017, Himaje sebagai himpunan mahasiswa penyelenggara MangaFest, tentu saja terus berusaha untuk menjadi Himpunan yang solid dan mampu menghasilkan karya-karya yang bermanfaat bagi nusa dan bangsa.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s