Dai 11 Kai Nihongo No Hi!

Heeeey yoo semuanya yang kece-kece dan pintar-pintar! (tl;dr: Hai!)

Kalian pasti sudah tau event tahunan di Sastra Jepang FIB UGM, eeh, bukan, bukan MangaFest! MangaFest itu kan event di semester ganjil, kalau event tahunan di semester genap itu lho, Nihongo no Hi!

Beberapa minggu lalu di tanggal 14 Mei 2016, Nihongo no Hi yang ke-11 diadakan lho! Kali ini kami mengadakan 4 jenis lomba, lomba untuk SMA yakni Lomba Kana (kuis huruf hiragana dan katakana), Lomba Dokkai (lomba membaca teks berbahasa Jepang), dan Lomba Benron SMA (lomba pidato berbahasa Jepang). Lomba yang terakhir adalah Lomba Benron Umum, yang diikuti oleh mahasiswa dan umum.

Banyak sekali yang berpartisipasi (101 peserta), hingga panitia merasa sedikit kewalahan! Untungnya saja panitia masih bisa melaksanakan tugasnya dengan baik!

1 entrance

Sekitar pukul 8:00 WIB, peserta mulai berdatangan dan melakukan daftar ulang. Setelah daftar ulang, semua peserta diarahkan ke Ruang Benron Umum sembari menunggu pembukaan Nihongo no Hi.

2 pembukaan

Nihongo no Hi pun dibuka dengan sambutan dari Ibu Sri Pangastoeti, dosen Prodi Sastra Jepang FIB UGM, Kak Karin selaku Ketua Nihongo no Hi ke-11, dan Kak Wahyu selaku Ketua Himaje Sastra Jepang. Tak lama-lama, peserta lomba bersiap. Peserta Benron Umum bersiap di tempat, sedangkan untuk Kana, Dokkai, dan Benron SMA menuju ke ruangan masing-masing.

4 kana

Di Lomba Kana banyak sekali siswa SMA dan SMK yang berpartisipasi dibandingkan lomba lain. Di awal dilakukan proses seleksi kepada 41 peserta dan menyisakan 15 peserta  di babak final. Yang belum berhasil, jangan patah semangat ya! Belajar terus dan tetap semangat!

5 dokkai

Di Lomba Dokkai ada 24 peserta yang membaca salah satu dari 4 teks yang dipilih secara acak! Waah, walaupun pemenang akhirnya hanya 3 orang, jadikan ini sebagai pelajaran di masa depan ya! Pasti akan bisa lebih baik lagi kok, jangan sedih!

6 benron sma

Di lomba Benron SMA, walaupun pesertanya hanya 8 orang, tetapi semuanya hebat dan berpidato dengan baik dan penuh ekspresi! Bahkan ada beberapa peserta yang kelancarannya mendekati kemampuan peserta di Benron Umum! Hebat banget mereka, kedepannya sepertinya harus ikut Benron Umum nih!

3 benron umum

28 Peserta bersaing untuk menjadi yang terbaik di lomba Benron Umum ini. Karena setiap tahun kemampuan peserta berpidato semakin meningkat, peserta dituntut untuk selalu berlatih dan berlatih agar dapat bersaing memperebutkan juara 1 dan mewakili Yogyakarta di Lomba Pidato Nasional di Jakarta! Topik yang diangkat bermacam-macam, dari olahraga, keragaman di Indonesia, hingga kesusahan hidup sendiri! Topik-topik yang dibawakan menarik perhatian juri dan penonton. Keren!

Tetapi karena banyaknya peserta lomba Benron Umum, lomba pun berlangsung cukup lama dibandingkan lomba-lomba lain. Bunka Class dibuka dan menemani peserta dari SMA sembari menunggu pengumuman pemenang lomba! Disaat break para peserta Benron Umum juga bisa ikut loh! Bahkan pendamping peserta Lomba juga banyak yang ikut! Asyik!

EX BunkaClass

Di Bunka Class siapapun boleh ikut dan belajar mengenai budaya Jepang! Belajar dan bermain sugoroku, kendama, origami, dan karuta bersama orang Jepang! Bahkan disitu kamu juga bisa belajar menulis kaligrafi Jepang Shodo dan mencoba mengenakan Yukata dan Kimono loh! Cantik-cantik dan cakep-cakep banget yang pakai yukata kemarin, sampai selfie berkali-kali loh!

Setelah Benron Umum selesai, saatnya pengumuman pemenang lomba! Eiiits, sebelumnya untuk melepas penat Hikari, Sub-Divisi minat dan bakat di Himaje membawakan tarian tradisional Jepang!

6 hikari

Hikari sekali lagi disambut meriah! Penonton terkesima dengan gerakan kipas yang luwes dan halus, tetapi cepat dan dinamis. Juri dan penonton bahkan banyak yang memotret dan merekam tarian mereka. Waah Hikari memang hebaaat!

Suasana santai dan otot-otot yang sudah rileks kembali di kencangkan karena saatnya pengumuman pemenang lomba! Waah selamat ya, kepada semua pemenang!

8 winner

Sayangnya, di lomba ada beberapa pemenang yang sudah pulang. Akhirnya diwakilkan oleh panitia dan ikut foto bareng!

Bagi yang masih belum menang, jangan khawatir. Jadikan pengalaman ini sebagai pelajaran, dan ikut lagi tahun depan!  Kami akan menunggu kalian untuk ikut berpartisipasi di Nihongo no Hi berikutnya!

Terimakasih banyak yah, atas partisipasi dan semangatnya! ^^

9 arigatou

Jangan lupa partisipasi lagi di Nihongo no Hi berikutnya ya! Kami akan menunggu kalian!



Pepo, Kominfo Himaje dan Pubdok Dai 11 Kai Nihongo no Hi


2 respons untuk ‘Dai 11 Kai Nihongo No Hi!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s