SJPC #4: Data Mahasiswa Masuk dan Peminat

Akhir pekan kali ini SJPC kembali lagi menemani kalian menyusuri malam kalian menuju hari Senin yang cerah. Bagi kalian yang tertarik masuk program studi Sastra Jepang UGM sebagian besar pasti pengen tahu alias kepo-kepo hal-hal berbau statistik yang jarang dilirik sama anak bahasa, contohnya:

Min, yang masuk prodi Sastra Jepang UGM tiap tahunnya berapaan, ya? Kalau saya cakep dan pintar menabung, kemungkinan masuknya jadi gedhe, ga?

Ini tidak aneh, ibarat mau berangkat buat ngapelin gebetan di rumahnya, kita harus paham secara mendalam segala sesuatu soal medan yang akan kita hadapi. Berapa ketinggian pagar rumahnya, apakah bapaknya galak, apakah ibunya nonton Elif, atau apa makanan kesukaan kucing peliharaannya, pokoknya semuanya harus tahu. Mungkin terdengar sepele. Namun hal-hal seperti ini pada akhirnya akan bisa menjadi senjata yang ampuh dan menjadi salah satu faktor penentu bagi kesuksesan kita kelak.

size0-army.mil-82613-2010-08-10-070803
Jangan lewat sini, Bro!!! Bapak do’i yang galak itu suka jemur burung di sono!!!

Lalu, Min, gimana jika kita ga bersiap-siap dengan baik? Apa dampaknya bagi karir asmara akademik kita?

Paling ringan, kita bakal kaget. Iya, kaget karena output alias hasil akhirnya seringkali tidak sesuai dengan perkiraan kita. Yang paling buruk, hmmm… Kita bakal terjebak pada situasi yang mencekam, dan tak tahu harus bertindak apa. Disebabkan oleh kurangnya informasi krusial yang kita miliki.

Mungkin gambar di bawah ini bisa sedikit menjelaskan kira-kira seperti apa situasinya.

maxresdefault
Nganu, Om. Saya pengen banget handshake sama Om. Bahkan sebelum Om masuk senbatsu.

Ga mau, kan, berakhir seperti itu. Oleh karena itu, banyak-banyaklah riset, kepo-kepo, stalk, dll. Ingat terus peribahasa “Malu bertanya, sesat dijalan.”

Oke, setelah ngalor-ngidul dengan hal-hal kurang jelas dan kosong tak berisi di atas, saatnya kita bahas materi utama dari postingan SJPC kali ini, yaitu jumlah mahasiswa masuk, dan jumlah peminat tiap tahunnya.

untitled-report

Inilah gambaran medan tempur yang akan kalian hadapi jika ingin masuk Sastra Jepang UGM. Walaupun peminatnya semakin bertambah beberapa tahun terakhir ini, Jumlah mahasiswa yang masuk juga ikut bertambah. Pada tahun 2015 sendiri ada 41 anak yang masuk program studi Sastra Jepang UGM (tidak ada di dalam grafik), melonjak drastis daripada tahun sebelumnya yang hanya 21 anak. Ada kemungkinan jika tahun 2016 jumlah mahasiswa yang diterima akan bertambah lagi. Jadi, jangan dulu berkecil hati. Meskipun persaingan semakin ketat. kesempatan yang diberikan pun terbuka lebar.

Menanggapi pertanyaan yang satunya, apakah cakep dan pintar menabung akan memperbesar kemungkinan untuk masuk Sastra Jepang UGM? Jawabannya “mungkin saja,” tapi jangan lupakan satu hal utama.

Usaha keras itu tak akan mengkhianati – SHONICHI

Tetap berusaha, belajar sebaik-baiknya, berdo’a dengan giat, dan jika semua itu sudah dilakukan, tinggal pasrah pada kehendak Kuasa.

がんばってね!!!


Satu respons untuk “SJPC #4: Data Mahasiswa Masuk dan Peminat

  1. UGMに入学するってなんかとても難しそうだな、特に俺みたいなろくでもない連中にとって。不安に押しつぶされるぐらいだわ.. SNMPTN さらに難しくて不可能かも

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s