SJPC #1: Kegundahan dan Stereotip

Halo, berjumpa lagi di SJPC! Minggu lalu, admin sudah perkenalkan dikit tentang SJPC, kan? Nah, hari ini sesuai jadwal, admin bakal share info yang gak begitu penting, tapi inshaallah berguna buat asik-adik SMA kelas 12.

Topik SJPC episode #1 kali ini adalah Kegundahan dan Stereotip.

Topik kali ini muncul karena pertanyaan-pertanyaan seperti berikut…

“Duh, dulu pas SMA aku belajar bahasa Arab! Belajar huruf hijaiyah doang, gimana, nih?”

“Pas kuliah nanti kalo dosennya langsung ngajar pake bahsa Jepang gimana tuh, padahal denger bahasa Jepang cuma dari lagu AKB48!”

“Kalo dikatain tukan nonton anime sama temen gara-gara masuk Jurusan Sastra Jepang, harus jawab apa?”

Pertama, admin bakal menghilangkan kegundahan kalian yang sering muncul di awal, yaitu soal kemampuan bahasa Jepang.

Buat temen-temen yang dulu pernah belajar sedikit doang atau belum pernah sama sekali…

JANGAN KHAWATIR!!! (khawatir dikit juga perlu, sih)

Kenapa admin bilang begitu? Karena di awal perkuliahan mahasiswa Sastra Jepang, kalian akan belajar bahasa Jepang mulai dari E N O L.

Ketika masa osperk (atau isilah UGMnya, PPSMB), para dosen akan bertanya pada kalian semua, siapa yang pernah belajar bahasa Jepang di SMA? Siapa yang pernah ke Jepang? Dan siapa yang pernah ikut perang melawan Jepang?

Otogakure_Chūnin
Bagaimana dengan pengalaman saya melawan ninja desa bunyi, Pak?

Pertanyaan tersebut sebenarnya sekadar pertanyaan template dari dosen karena beliau-beliau akan menganggap kalian semua “orang yang tidak bisa berbahasa Jepang” meskipun dulu, kalian itu pernah ikut ujian chunnin atau tetangganya Nohara. Kalian gak bakal dikelompokkan pake sorting hat a la-a la asrama Hogwarts. INGAT ITU!

sortinghat
Hmmm

Di awal perkuliahan, kalian bakal belajar tentang salam sehari-hari, menanyakan kabar, perkenalan diri dan hal-hal mendasar lainnya.

Aksara Jepang? Kalian bakal dikasih kitab ini untuk kalian kerjakan dengan deadline yg lumayan singkat

Tujuannya? Ya agar kalian bisa cepat hafal semua jenis aksara (paling tidak hiragana & katakana)

Dan juga, karena pasti ada yang pertama kali nulis aksara yang bentuknya sedemikian rupa, dosen-dosen juga akan mengajarkan teknik dan kiat menulis satu persatu dengan telaten dan penuh ke­-artsy­­-an.

Agar tulisan kalian seenggaknya kebaca dan mudah dibedakan dengan tulisan resep dokter.

7226_mengenal_kode_pemakaian_obat
Merawat dengan sepenuh hati

Di saat mencatat materi perkuliahan, kalian juga dibiasakan menggunakan aksara Jepang. Ya walaupun di awal masih sedikit toleransi dari dosen untuk menggunakan huruf alfabet.

Lalu biar agak keren dikit, kalian juga diajarkan untuk menuliskan nama kalian menggunakan katakana. Bisa tuh dipamerin ke temen-temen.

“Liat nih! gue kuliah baru seminggu tapi udah bisa nulis nama gue pake huruf Jepang!”

Nah,mulai sekarang hilangin tuh rasa ragu dan takut soal kemampuan bahasa Jepang kalian. Yang penting niat dan ketekunan buat belajar!

Soal sterotip? Admin udah ngelist beberapa stereotip masyarakat terhadap kalian-kalian yang nantinya bakal jadi Mahasiswa Sastra Jepang yang setiap kali denger, rasanya jadi pengen jualan kue cubit green tea di jalur Gaza. Ini dia..

1.Masuk Sastra Jepang? Ntar kalo lulus buka warung Sushi dimana?

Sushi?

Siapa yang mau jualan Sushi?

Gue mau jualan Takoyaki yang guritanya masiih hidup.

Ntar warungnya di depan rumah lo biar lo bisa beli tiap hari.

dscn79741
Hah hah masih nanas

Orang-orang ternyata emang perlu memperkaya khazanah-nya mengenai kuliner di dunia.

2.Kamu nanti bakal belajar huruf cacing dong. Gak pusing?

Dikit pusing sih, tapi gak masalah.

Paling nggak, ntar gue berguna buat warga Bikini Bottom

That's_not_the_worm!_That's_his_tongue!
Itu lidahnya…

Selain cacing, terkadang ada juga huruf ceker pitik dan huruf rumput teki. Entah, di masa depan nanti flora fauna apa yang akan digunakan orang-orang.

3. Wah nanti bakal jadi penerjemah ya? Berarti bisa kerja jadi penerjemah lirik AKB48?

Ya.

Tapi asal kamu tahu, gak cuma bakal jadi penerjemah lirik kok.

Ntar juga bisa gabung sister-groupnya AKB48.

PicsArt_1455993884773
Tidak lolos badan POM

Hanya orang-orang terpilih yang bisa bergabung dalam grup idola.

4. Ih terus nanti kuliah mu bedanya apa dong sama belajar di Lembaga Bahasa Jepang?

Beda dong.

Ntar gue bisa meneliti kenapa lo suka nonton video khas Jepang!

skripsi-JAV
Skripsi of The Year

Atau mungkin bisa meneliti kenapa serial Naruto di Televisi Indonesia di ulang-ulang terus

5.Kamu suka banget nonton Anime ya? Pasti tiap hari Cuma Anime!

Kok tau sih!?

Saking senengnya,aku sampe dapet endorse-an Dakimakura dari sista sista OnlineShop lho!

Japanese-Dakimakura-love-pillows18-360x480
Akhirnya aku bisa memelukmu

Menerima juga jasa sablon soal latihan SBMPTN untuk bantal,guling,selimut dan sprei.

Itu tadi tips menghilangkan kegalauan dan stereotip serta jawabannya yang bisa dijadikan referensi.

Semoga info tidak penting ini bisa bermanfaat dan berguna untuk kemaslahatan dunia.

Salam Olahraga!

Ditulis oleh

Bayu Wasabi, Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s